Waspadai Alasan Bakteri dan Virus Betah Tinggal di Toilet

Keadaan toilet yang lembab merupakan tempat yang paling favorit bagi bakteri dan virus untuk bisa berkembang biak dengan nyaman.

Dalam kurun waktu 20 menit saja, bakteri bisa berkembang biak. Artinya pada setiap 24 jam sekali, jumlah bakteri yang ada di toilet mencapai 8 juta. Jumlah yang sangat banyak untuk ukuran penyebab suatu penyakit.

Apalagi mengingat intensitas Kita dalam penggunaan toilet yang lebih dari sekali dalam satu hari. Tentu hal ini juga meningkatkan risiko terserang penyakit jika keadaan toilet yang ada sangat buruk.

Lalu toilet seperti apa yang dibilang memiliki kualitas buruk? Dan apa alasan bakteri betah untuk tinggal bahkan berkembang biak di toilet?

Untuk mengetahui alasannya lebih lanjut, simak ulasan di bawah ini.

1. Air Kotor
Kondisi air yang kotor merupakan tempat terbaik bagi bakteri untuk hidup dan tinggal di dalamnya.

Oleh karena itu, Kita sebagai penggunanya wajib membersihkan toilet serta mengurasnya secara rutin agar kualitas air yang ada tetap terjaga kebersihannya.

Selain mengurasnya, Kamu bisa menuangkan beberapa tetes antibakterial untuk membunuh bakteri penyebab penyakit tersebut.

2. Menggantung Pakaian di Toilet
Alasan lain bagi bakteri untuk tinggal di toilet adalah terlalu banyak menggantung pakaian di dalam toilet. Pakaian yang digantung ini beralih fungsi menjadi ‘rumah singgah’ bagi bakteri yang ada.

Tidak heran jika setelahnya akan menimbulkan bau apek pada pakaian juga toilet tersebut.

3. Genangan Air di Ember 
Genangan air yang bersisa di ember bisa menjadi tempat berkembang biak bagi jentik jentik nyamuk yang sedang berkembang. Bahayanya, jentik jentik tersebut merupakan benih dari nyamuk aedes aegypty yang bisa memunculkan penyakit demam berdarah.

4. Pencahayaan dan Ventilasi Kurang 
Pencahayaan dan ventilasi kurang pada toilet dapat menyebabkannya menjadi lembab. Tempat yang lembab merupakan tempat yang dibutuhkan bakteri sebagai tempat tinggal dan berkembang biak dengan baik.

Kamu harus memberikan celah dalam toilet yang bisa membuat cahaya matahari yang ada menembus masuk dan toilet tidak terlalu lembab untuk digunakan.

5. Tempat Cuci Tangan yang Bersih 
Tangan merupakan media yang sering bersentuhan dengan media lainnya. Hal ini juga yang dijadikan bakteri sebagai perantaranya untuk berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya.

Karenanya, kebersihan tangan haruslah terjaga dengan baik agar bakteri yang ada bisa berkurang keberadaannya.

Bukan hanya tangan saja yang harus dijaga kebersihannya, tapi juga tempat cuci tangan yang digunakan untuk membersihkan tangan. Tempatnya harus bersih untuk bisa membersihkan tangan tersebut.

Berbagai penyakit bisa timbul hanya karena kemunculan bakteri yang ada di toilet. Oleh karena itu, kebersihan toilet haruslah terjaga agar Kita sebagai penggunanya nyaman saat menggunakan toilet juga tidak perlu khawatir akan adanya bahaya dan risiko terkena penyakit. More www.dimensiharga.com