Cara Membersihkan Karang Gigi Paling Jitu yang Wajib Diterapkan

Masalah gigi terutama karang gigi seringkali diabaikan karena tidak begitu mengganggu kesehatan. Padahal, jika terus diabaikan, karang gigi justru bisa muncul lebih banyak dan mengiritasi gusi. Beruntung, telah ada sejumlah cara membersihkan karang gigi sehingga tidak berangsur makin parah.

Cara Membersihkan Karang Gigi dengan Scaling

Karang gigi merupakan plak yang mengeras dibagian permukaan gigi, tepatnya diatas garis gusi. Apabila diraba menggunakan lidah, maka karang gigi akan cenderung kasar. Plak yang masih tipis, biasanya dapat dibersihkan dengan benang atau flossing. Namun, beda cerita jika sudah menebal dan mengeras.

Karang Gigi

Berdasarkan American Academy of Periodontology, plak tebal dan mengeras membutuhkan perawatan khusus yang hanya bisa dilakukan oleh dokter gigi. Biasanya, cara membersihkan karang gigi di Puskesmas ini disebut scaling. Metode ini dilakukan dengan alat ultrasonic scaler untuk merontokkan karang yang terbentuk disela-sela gigi dan bagian garis gusi. Sebab, keduanya memang sulit dijangkau oleh sikat gigi.

Scaling gigi idealnya dilakukan sekali setiap enam bulan. Metode ini sangat ampuh menghilangkan karang gigi yang keras sekalipun. Namun, pada kasus tertentu, ada yang harus bolak balik scaling karena gigi sudah mengalami kerusakan parah. Meski mudah dan cepat, scaling menimbulkan risiko tersendiri, seperti perdarahan, gusi bengkak, dan nyeri. Hal ini terjadi karena gusi dan gigi yang berkarang masih menyesuaikan dengan proses scaling. Namun, tidak perlu khawatir karena efek samping akan mereda setelah perawatan dilakukan.

Cara Membersihkan Karang Gigi dengan Baking Soda

Selain scaling, ada cara membersihkan karang gigi lain yang bisa Anda coba di rumah yaitu menggunakan baking soda. Tidak hanya efektif, cara ini tergolong aman untuk dilakukan. Soda kue mampu menghilangkan plak tanpa merusak lapisan enamel pada gigi. Penelitian pun menunjukkan bahwa pasta gigi yang mengandung soda kue dikenal lebih efektif untuk mengurangi jumlah plak digigi. Selain itu, kandungan soda kue dapat melindungi gigi dari kehilangan kalsium dan email. Ditambah lagi, adanya sifat antimikroba soda kue dapat mencegah terjadinya kerusakan gigi.

Membersihkan Lidah

Mungkin Anda mengira jika sumber masalah plak karena gigi yang tidak dijaga kebersihannya. Namun, tahukah Anda jika 50 persen bakteri dalam mulut bersarang di permukaan lidah? Oleh karena itu, tidak hanya gigi, Anda juga perlu membersihkan lidah secara rutin.

Campuran air liur besama bakteri dapat membentuk plak dibagian atas permukaan lidah. Parahnya, plak ini tidak kunjung hilang hanya dengan sekali bilas menggunakan air atau berkumur dengan mouthwash saja. Cara paling efektif untuk hilangkan plak dipermukaan lidah yaitu dengan cara menyikat lidah. Gunakan sikat lidah khusus yang tersedia dipasaran.

Gosoklah lidah mulai dari pangkal lidah paling dalam, lalu tarik perlahan kedepan dalam satu gerakan. Jangan gosok bolak balik. Ulangi cara tersebut beberapa kali sampai lidah benar-benar bersih dan kesat. Setelah itu, berkumur dengan air bersih.

Gunakan Obat Kumur

Cara membersihkan karang gigi yang tepat adalah berkumur menggunakan obat kumur atau mouthwash. Obat kumur membantu merontokkan plak, kotoran, dan sisa-sisa makanan yang ada di permukaan gigi. Bahkan, aroma nafas juga lebih segar setelah menggunakan mouthwash.

Saat ini, telah tersedia berbagai produk obat kumur yang tersedia dipasaran. Namun, sebelum membeli sebaiknya cermati komposisi bahan kimia didalamnya. Hindari obat kumur dengan alkohol karena menyebabkan mulut kering. Pastikan pula produk obat kumur telah terdaftar di BPOM. Dapatkan harga obat kumur murah dan berkualitas hanya di JD ID.

Itulah cara membersihkan karang gigi paling ampuh yang patut dicoba. Semoga berhasil ya!