Sering Nyeri Pinggang? Hati-hati! Ini Cara Penangannya

Nyeri pinggang pada bagian belakang merupakan keluhan yang sering dialami oleh berbagai kalangan, baik yang sudah berumur maupun yang masih muda. Biasanya, kondisi ini disebabkan oleh berbagai hal, misalnya seperti adanya cedera yang pernah dialami, postur tubuh yang tidak dijaga, spondylolisthesis, atau ankylosing spondylitis. Meskipun biasanya kondisi tubuh ini dapat sembuh dan membaik seiring berjalannya waktu, kurang lebih 1 bulan dengan perawatan yang bisa dilakukan di rumah, penting bagi Anda yang memiliki asuransi kesehatan individu untuk mengonsultasikannya ke dokter bila tidak kunjung sembuh juga sampai lebih dari 3 bulan. Biasanya, sakit pinggang yang dialami lebih dari 3 bulan merupakan nyeri pinggang inflamasi.

Nyeri pinggang inflamasi ini adalah nyeri yang berkaitan dengan peradangan pada sendi tulang belakang dan biasanya kondisi ini bersifat kronis dan dapat dialami hingga lebih dari 3 bulan. Jika dibiarkan tanpa penanganan, kondisi ini dapat menyebabkan tulang belakang menyatu dan membentuk struktur yang kaki sehingga yang mengalaminya pun dapat kehilangan fleksibilitas. Untuk mengatasi kondisi nyeri pinggang yang satu ini, Anda perlu mengonsultasikannya ke dokter dan menjalani terapi-terapi yang disarankan berikut ini adalah beberapa hal yang biasa disarankan oleh dokter untuk menangani kondisi nyeri pinggang.

Obat-obatan

Ada beberapa jenis obat-obatan yang sering digunakan oleh dokter spesialis rematologi setelah pemeriksaan menyeluruh. obat-obatan seperti antiinflamasi nonstereoid untuk meredakan rasa sakit dan juga peradangan pada pinggang, Disease Modifying Anti Rheumatic Drugs (DMARDS) yang akan diberikan apabila ada kondisi lainnya yang terdapat pada sendi-sendi lain di tulang belakang, agen biologik yang merupakan terapi melalui suntikan apabila pengobatan lain yang sudah diberikan tidak efektif.

Melakukan gerakan-gerakan peregangan

Tidak hanya melakukan pengobatan yang diberikan oleh dokter, Anda juga perlu rajin melakukan gerakan-gerakan yang dapat membantu memulihkan kondisi pinggang Anda dengan cepat. Meskipun demikian, pastikan terlebih dahulu apabila gerakan-gerakan ini aman untuk dilakukan dengan mengonsultasikannya terlebih dahulu kepada dokter Anda. berikut ini adalah beberapa gerakan yang dapat dilakukan oleh Anda:

Jongkok bersandar pada dinding

  • Berdirilah dengan posisi punggung Anda menempel pada dinding.
  • Rentangkan kaki sejajar dengan bahu dan ambil langkah ke depan hingga punggung Anda bergeser ke bawah, posisi seperti duduk di kursi
  • Tahan selama 5–10 detik, ulangi 3–5 kali.

Plank

  • Berlututlah dan letakkan lengan Anda di atas matras.
  • Dorong kaki ke belakang dan seimbangkan jari-jari kaki Anda.
  • Kencangkan otot perut dan bokong untuk menahan tubuh Anda seperti garis lurus.
  • Posisikan leher sejajar dengan tulang belakang.
  • Tahan selama 5 detik, ulangi 3–5 kali.

Berdiri sambil mengangkat satu kaki

  • Siapkan kursi dan pegang bagian belakang kursi.
  • Angkat satu kaki ke samping secara perlahan dan turunkan.
  • Angkat kaki ke belakang hingga membentuk seperti sudut 45 derajat.
  • Ulangi gerakan tersebut sebanyak 10–15 kali pada tiap kaki.

Masih banyak lagi gerakan yang dapat Anda lakukan di rumah, namun seperti yang usdah dijelaskan sebelumnya bahwa Anda tetap perlu mengonsultasikannya ke dokter. Jangan sampai alih-alih memperbaiki kondisi pinggang, Anda malah memperburuk kondisi sakit pinggang Anda. semoga artikel ini bermanfaat!