Macam Macam Sate, Olahan Daging Khas dari Indonesia

Sate merupakan salah satu makanan khas Indonesia yang sangat digemari bahkan untuk warga mancanegara sekalipun.

Mereka bahkan wajib menyantap olahan daging tusuk ini jika tengah berada di Indonesia.

Tidak heran jika saking enaknya, sate masuk ke dalam top 50 makanan terenak di dunia dengan posisi ke 14.

Meskipun terdengar hanya sebagai olahan daging tusuk, sate ternyata memiliki banyak macam yang berbeda di setiap daerahnya yang juga sudah disesuaikan rasanya dengan selera masyarakat di daerah tersebut.

Penasaran macam olahan sate seperti apa saja yang ada di Indonesia? Untuk memahaminya lebih lanjut, simak ulasan di bawah ini yuk!

1. Sate Madura 
‘Te.. Sate!’ Begitulah ketika abang penjual sate madura berkeliling dan menjajakan satenya. Tidak asing bukan?

Sate madura ini adalah sate yang paling banyak ditemui keberadaannya. Alasannya tidak lain tidak bukan karena rasanya yang khas indonesia dengan cita rasa manis ditambah dengan taburan bumbu kacang yang nikmat.

Meskipun bercita rasa manis, Kamu pencinta pedas tetap bisa menyantapnya. Karena biasanya sate ini akan dibumbui dengan potongan cabai rawit dan juga bawang merah sebagai pelengkapnya.

2. Sate Padang 
Padang tidak hanya terkenal dengan olahan rendangnya saja yang sudah mendunia, tapi juga rasa sate padang yang khas.

Sate khas dari padang ini biasanya dibuat dari bagian lidah, daging, ataupun jeroan sapi. Sebelum dibakar, daging yang sudah ditusuk akan diberi bumbu terlebih dahulu dan membiarkannya selama beberapa saat agar bumbunya meresap dengan baik.

Biasanya sate ini akan disajikan dengan bumbu kuning kental khas padang juga keripik balado yang gurih juga pedas.

3. Sate Klatak 
Pada dasarnya, orang jawa memiliki kecenderungan dengan makanan bercitarasa manis, meskipun tidak semuanya.

Namun hal ini kemudian memunculkan kuliner baru bernama sate klatak. Sate olahan daging kambing ini diberi nama demikian karena bunyi suaranya saat dibakar mirip dengan ‘klatak’.

Sate ini bercita rasa manis, gurih, juga kenyal saat dimakan.

4. Sate Taichan 
Sate yang sempat populer di media sosial ini sangatlah unik karena tidak membutuhkan banyak bumbu pada olahannya.

Hanya daging ayam yang ditusuk dan dibakar kemudian ditaburi dengan garam dan perasan jeruk nipis. Kemudian sate ini akan disajikan dengan sambal untuk menambah cita rasanya.

Belakangan ini bahkan muncul variasi baru dari sate taichan. Yakni satenya diolah dengan cara digoreng bukan dibakar seperti sate pada umumnya.

Bagaimana? Selain olahan daging sate di atas, masih ada olahan juga variasi sate lainnya yang tidak kalah sedap untuk dinikmati.

Meskipun berbeda dan memiliki banyak variasi, olahan sate tersebut tidak lepas dari rasa Indonesia yang khas akan rempah rempah aslinya.