5 Makanan Khas yang Wajib Hadir Saat Bulan Puasa

Bulan puasa menjadi hal yang paling ditunggu tunggu oleh umat muslim di seluruh belahan dunia. Dengan semua keistimewaan dan juga perayaan yang ada, membuat bulan ramadhan menjadi mengesankan dan tidak terlupakan.

Bukan hanya keistimewaannya saja yang ditunggu tunggu oleh semua orang. Tapi juga berbagai makanan khas yang wajib untuk ada saat bulan ramadhan. Apa saja makanan tersebut? Penasaran? Berikut ini adalah 5 makanan khas pada bulan puasa yang wajib ada versi Kami.

1. Kurma
Kurma sangat identik dengan bulan ramadhan, apalagi mengingat sunnah rasul yang menganjurkan umatnya untuk membuka puasa dengan kurma.

Meskipun bisa ditemui kapan saja, buah ini sangat dicari-cari saat bulan ramadhan entah itu untuk dijadikan takjil ataupun pelengkap makanan lain.

Rasanya yang manis dan juga berbagai kandungan yang ada, buah kurma dapat menggantikan kadar gula darah setelah berpuasa seharian.

2. Kolak
Kolak menjadi makanan selanjutnya yang wajib untuk dihadirkan saat bulan puasa. Isian kolak sendiri bisa bermacam-macam bergantung kepada selera seseorang. Tapi isian kolak biasanya adalah pisang, ubi, labu, dan juga kolang kaling.

Dengan rasa manis dan isiannya tersebut kolak sangat cocok dijadikan sebagai makanan pembuka puasa.

3. Es Buah
Membayangkannya saat siang hari terasa sangat menyegarkan sekali bukan? Memang saat bukan bulan puasa pun banyak orang yang menjualnya, tapi sensasinya akan berbeda saat bulan ramadhan datang.

Es buah sendiri bisa dengan mudah dibuat sendiri di rumah, bahannya yang murah dan mudah didapat membuat semua orang tertarik untuk menyajikannya di rumah. Terlebih lagi rasanya yang manis asam dan juga segar sangatlah cocok untuk meredakan dahaga setelah berpuasa lebih dari 12 jam sehari.

4. Kicak
Bagi Kamu warga Yogja, makanan ini tentu sudah tidak asing lagi. Makanan khas yang terbuat dari beras ketan ini hanya akan muncul saat bulan ramadhan tiba.

Untuk membuatnya juga cukup mudah yakni dengan menanak beras ketan lalu haluskan hingga menyerupai jadah. Kemudian campur dengan buah nangka dan juga kelapa parut untuk pelengkapnya.

Saat mengonsumsinya, Kamu akan merasakan sensari manis dan juga harum buah nangka yang bikin nagih.

5. Sirup
Yang selanjutnya adalah sirup. Sudah tidak asing lagi jika sirup dijadikan sebagai ikon bulan ramadhan karena iklannya yang hanya akan muncul pada bulan tersebut.

Apalagi iklan sirup yang khas dengan pesan moral akan kebersamaan dan juga toleransi yang dikemas sebagai iklan bersambung yang muncul secara terpisah.

Ada banyak sekali makanan dan juga minuman yang wajib hadir saat bulan ramadhan ini. Rasanya yang khas menjadi keistimewaan yang sensasinya hanya bisa dirasakan saat bulan puasa tiba.