Jalani Hidup Sehat, Ini Macam Macam Diet yang Bisa Kamu Coba

Diet merupakan salah satu metode yang banyak ditempuh oleh banyak orang entah itu karena alasan kesehatan ataupun sekadar memperbaiki penampilan.

Karena tingginya minat akan hal ini, maka muncullah berbagai metode berbeda yang bisa dijajal sebagai upaya untuk diet.

Apa saja cara tersebut? Untuk mengetahui lebih lanjut, simak ulasan mengenai macam macam diet di bawah ini.

1. Diet Ketofastosis 
Diet yang satu ini hanya menggunakan banyak protein hewani untuk memenuhi kebutuhan energi dalam tubuh penggunanya.

Dengan menghindari karbohidrat dan juga makanan tinggi lemak. Jika Kamu adalah penyuka sayuran, cara ini bukanlah cara yang tepat untuk dipilih karena Kita hanya akan mengonsumi makanan yang berasal dari hewani. Salah satunya adalah ayam, daging sapi, keju, susu, ikan, telur dan masih banyak lagi.

2. Diet OCD 
Diet OCD (Obsessive Combuzier’s Diet) merupakan salah satu jenis diet yang sistemnya mirip dengan puasa.

Enaknya adalah Kamu bisa mengonsumsi makanan apapun yang Kamu suka. Tapi tentu masih dalam porsi yang wajar dan tidak berlebihan.

Diet ini dilakukan secara bertahap. Waktu yang bisa digunakan untuk makan semakin hari semakin sedikit. Misalnya saja pada awal awal Kamu menerapkan 8 jam untuk makan dan sisanya berpuasa atau hanya boleh minum air putih saja untuk menghindari dehidrasi.

Lalu beberapa hari kemudian waktu untuk makan tersebut menyusut menjadi 6 jam, dan selanjutnya 4 jam.

Jenis diet ini diklaim menjadi cara yang paling efektif untuk menurunkan berat badan meskipun mengonsumsi makanan yang disukai.

3. Diet 5:2 
Dengan memilih diet 5:2 Kamu hanya bisa makan selama 5 hari dalam seminggunya, sedangkan 2 hari lainnya digunakan untuk berpuasa.

Selain bagus untuk membentuk tubuh, diet ini juga memiliki dampak yang positif terhadap kesehatan seseorang termasuk menghindarkannya dari risiko alzheimer dan juga dimensia pada masa tua, juga meningkatkan kemampuan kognitif otak dan usia harapan seseorang.

Sama seperti diet OCD, diet jenis ini juga membebaskan Kita untuk mengonsumsi makanan apapun asalkan masih dalam porsi yang sewajarnya.

4. Diet Paleo 
Banyak orang yang mengatakan bahwa jenis diet ini sangat sulit untuk dilakukan secara konstan mengingat menunya yang sangat terbatas.

Seseorang yang menjalani diet ini hanya boleh mengonsumsi sayuran, daging tanpa lemak, ikan, buah buahan, minyak nabati, kacang kacangan, serta telur yang usianya masih dibawah 6 minggu.

Bukan hanya menunya yang sangat terbatas, diet ini juga melarang Kita untuk mengonsumsi beberapa makanan seperti biji sereal, ubi, berbagai olahan susu, dan makanan olahan lainnya.

Bisa dibayangkan bagaimana susahnya menjaga agar diet ini tetap terlaksana setiap harinya.

Tentu dalam melakukan diet tersebut Kita harus memilih mana yang paling tepat untuk diterapkan, mengingat kebutuhan dan kondisi tubuh seseorang dengan yang lainnya berbeda.