Suka Mengonsumsi Makanan Berlemak? Intip Manfaatnya di Bawah Ini!

Gorengan? Opor? Rendang? Siapa yang tidak menyukai makanan berlemak? Makanan dengan cita rasa gurih yang bikin nagih.

Ternyata lemak memiliki peran yang penting dalam metabolisme tubuh? Lemak sendiri berfungsi untuk melarutkan vitamin yang ada.

Selain itu, ternyata ada manfaat lain dari mengonsumsi lemak untuk tubuh. Lalu apa saja manfaatnya? Tertarik untuk mengetahui lebih jauh? Jika iya, simak ulasan di bawah ini.

1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh 
Menurut kutipan dari buku Good Calories karangan Dr Michael dan Dr Mary Eades, lemak tak jenuh yang ada dalam minyak kelapa dan juga mentega dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

Dengan mengonsumsi lemak tak jenuh dalam jumlah cukup, asam lemak jenuh justru akan berkurang cukup banyak sehingga mampu menghambat sel darah putih yang berfungsi untuk mengenali serta menghancurkan virus, bakteri, juga jamur yang masuk ke dalam sistem kekebalan tubuh yang ada.

2. Pelindung Organ Dalam 
Tubuh Kita terdiri dari beberapa organ dalam yang lunak dan rapuh. Sehingga membutuhkan perlindungan agar tidak rusak atau mengalami kegagalan akibat gangguan dari luar. Bukan hanya kulit dan tulang saja yang diperlukan untuk melindungi organ dalam, tapi juga lemak.

Baik itu lemak dalam bentuk tebal ataupun tipis, dapat dijadikan sebagai pelindung bagi organ dalam.

Bukan hanya itu, lemak juga memiliki fungsi untuk menjaga suhu tubuh tetap stabil.

3. Cadangan Sumber Energi 
Selain karbohidrat, tubuh bisa mendapatkan energi dari lemak. Jika sewaktu waktu tubuh tidak mendapatkan asupan energi yang cukup, tubuh akan menggunakan lemak untuk tetap bertahan.

4. Meningkatkan Kesuburan 
Sudah bukan rahasia lagi jika tubuh yang tambun merupakan tubuh yang subur. Tapi apa alasannya?

Ternyata alasannya berada pada lemak yang ada di tubuh. Dalam hal ini, lemak berfungsi sebagai materi yang dapat melakukan sintesis terhadap beberapa jenis hormon yang ada, tidak terkecuali hormon kewanitaan.

Karenanya, menstruasi yang dialami akan teratur jika tubuh memiliki cukup lemak untuk mensistesis hormon kewanitaan.

5. Bahan Pembentuk Sel 
Sel di dalam tubuh manusia membutuhkan pelindung agar sel tersebut tidak rusak. Pelindung tersebut disebut dengan membran sel.

Membran sel tersebut bisa dibentuk melalui lemak yang ada. Konsumsi lemak yang cukup dapat membentuk membran sel dengan baik sehingga perlindungannya terhadap sel yang ada bisa maksimal.

Meskipun keberadaan lemak yang ada di dalam tubuh memiliki banyak manfaat, konsumsinya dalam jumlah berlebih tidak dibenarkan adanya.

Oleh karena itu, Kita harus mengonsumsi lemak dalam jumlah yang cukup juga diimbangi dengan makanan lainnya untuk memenuhi kebutuhan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh. Juga dilakukan bersama dengan olahraga dan istirahat teratur untuk menjaga tubuh tetap fit dan bugar.