Sedang Terkena Jerawat? Hindari Hal untuk Melakukan Hal ini!

Bagi seorang wanita maupun pria, jerawat yang muncul bukanlah berita baik. Kemunculan jerawat tersebut didasari karena tubuh yang sedang melakukan detoksifikasi racun.

Jerawat sendiri perlu adanya perhatian ekstra untuk diobati dan perawatan lanjutan untuk menghindarkannya datang lagi di kemudian hari.

Jerawat yang tidak diobati bisa menjadi radang atau bahkan lebih parah. Karenanya, harus segera diobati dengan cara yang benar juga aman.

Tapi ternyata, beberapa hal malah dilarang untuk dilakukan saat Kita terserang jerawat. Alasannya adalah akan memperburuk kondisi jerawat yang ada. Tertarik untuk mengetahuinya lebih lanjut? Simak ulasannya di bawah ini.

1. Hidari Asap Rokok
Asap rokok bukan hanya buruk bagi paru-paru dan jantung. Tapi juga berpengaruh terhadap kesehatan kulit Kita. Terlalu lama menghirup asap rokok dapat mengurangi oksigen yang diserap oleh tubuh.

Oksigen sendiri dibutuhkan oleh tubuh untuk proses regenerasi sel sel kulit. Tapi jika asupannya berkurang, sel sel kulit tersebut tidak bisa terbentuk dengan baik.

2. Jangan Menyentuh, Memencet, atau Memecah Jerawat
Ketika sedang mengalami kulit yang berjerawat, Kamu sangat tidak disarankan untuk menyentuh, memencet, ataupun memecahkan jerawat yang ada. Terlebih lagi jika tangan yang digunakan masih kotor. Hal ini dapat memperburuk kondisi kulit yang ada.

Parahnya lagi adalah akan memberikan bekas jerawat juga bopeng pada kulit. Hal tersebut tentu akan memperlihatkan kulit tidak sehat juga tidak sedap dipandang yang kemudian juga mengurangi rasa percaya diri yang dimiliki.

3. Membatasi Konsumsi Vitamin A yang Berlebihan
Kebutuhan vitamin jika terpenuhi dengan baik tentu akan mengakibatkan tubuh menjadi sehat. Tapi jika dikonsumsi dalam jumlah yang berlebih, malah akan menimbulkan masalah juga penyakit dalam tubuh.

Sama halnya dengan vitamin A. Jika vitamin A dikonsumsi dalam jumlah yang cukup, akan membantu sel kulit membentuk kulit baru. Tapi jika dikonsumsi berlebihan, dapat merusak hati juga menyebabkan masalah kesehatan serius lainnya.

4. Hindari Penggunaan Antibiotik
Saat kondisi kulit yang berjerawat sebaiknya Kamu tidak menggunakan antibiotik untuk menghilankannya. Penggunaan antibiotik akan menyebabkan tubuh kehilangan sistem imunnya dalam jangka panjang. Selain itu, penggunaan antibiotik seperti tetracycline hanya akan memperburuk kondisi jerawat yang ada.

Mengapa demikian? Karena antibiotik akan membunuh habis semua bakteri yang ada. Termasuk juga bakteri baik di dalamnya seperti bakteri probiotik acidophilus yang berperan aktif dalam penbentukan kulit yang sehat.

Bagaimana menurut Kamu?

Ada baiknya jika Kita melakukan hal hal di atas guna mempercepat jerawat hilang dari kulit tanpa meninggalkan bekas.

Imbangi juga dengan konsumsi makanan yang bergizi dan sehat. Kurangi makanan yang pedas, karena makanan pedas akan memicu munculnya jerawat baru. Juga lakukan gaya hidup sehat agar racun yang ada di dalam tubuh dapat keluar dengan baik.