Adakah Manfaat Menjaga Toilet untuk Kesehatan? Cek Alasannya!

Setiap orang yang hidup di dunia ini tentulah membutuhkan toilet untuk membuang sisa pencernaan yang ada. Akibatnya, toilet menjadi tempat vital yang harus selalu ada keberadaannya. Meskipun perannya yang cukup besar bagi kehidupan manusia, fakta bahwa kondisi toilet yang ada di Indonesia, 40% nya masih belum memiliki fasilitas sanitasi yang memadai untuk digunakan.

Bahkan dari data yang telah berhasil dikumpulkan, Indonesia menempati posisi kedua sebagai pemilik toilet terburuk dan terkotor di dunia. Hal tersebut memicu kuman, bakteri, dan juga virus untuk dapat berkembang biak dengan baik dalam waktu yang singkat. Beberapa penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa diare menjadi penyebab terbesar dari kematian anak dan bayi. Penyebab diare tersebut tidak lain adalah bakteri yang bersarang di dalam toilet.

Bukan  hanya diare, tapi juga penyakit lain seperti infeksi saluran pernapasan, infeksi saluran kencing, tifus, dan masih banyak lagi. Karenanya, Kita haruslah menjaga kebersihan toilet dengan benar agar terhindar dari berbagai risiko yang ditimbulkan oleh bakteri yang ada di dalam toilet tersebut.

Selain mengurangi risiko terkena penyakit, menjaga kebersihan toilet ternyata memiliki banyak manfaat lainnya, lho! Tertarik untuk menguliknya lebih jauh? Simak ulasannya di bawah ini.

1. Menjadikan Tubuh Sehat 
Menjaga kesehatan tubuh bukan hanya melalui olahraga saja, tapi juga dengan menjaga kebersihan dari lingkungannya. Tidak terkecuali dengan kebersihan toilet itu sendiri.

Karenanya, menjaga kebersihan toilet sangatlah penting untuk dilakukan mengingat tidak terlewat satu hari pun Kita tidak mengunjungi toilet.

Dengan demikian, meskipun sebanyak apapun Kita masuk toilet tapi jika keadaan toilet tersebut bersih dan nyaman, sebagai pengguna tentu akan merasa aman karena terhindar dari risiko terserang penyakit akibat bakteri tersebut.

2. Mengurangi Kemungkinan Tersebarnya Penyakit 
Toilet yang ada tentu akan digunakan lebih dari satu pengguna. Mengingat kondisinya yang dijadikan sebagai tempat tinggal bakteri dan pengguna sebagai perantara perpindahannya. Kebersihan toilet patut dijaga untuk memutus rantai penyebaran bakteri tersebut.

Dengan begitu, kemungkinan penyakit akibat bakteri tersebut bisa diputus rantainya sebelum memakan korban yang lebih banyak lagi.

3. Menghilangkan Bau Apek 
Menggantung pakaian di dalam toilet terlalu lama dapat menyebabkan bau apek pada toilet itu sendiri.

Siapa yang betah berlama lama dalam keadaan apek? Selain faktor ketidaknyamanan, menggantung pakaian di toilet akan mengurangi estetika yang ada sehingga kurang sedap dipandang mata.

4. Mencegah Terjadinya Kecelakaan di Toilet 
Keadaan toilet yang lembab juga menjadi pemicu tumbuhnya lumut. Seperti yang kita ketahui bahwa lumut memiliki sifat licin yang bisa membuat penggunanya terpeleset.

Tidak ada jaminan tempat jatuh saat terpeleset tidak keras ataupun berbentuk lancip.

Sehingga menjaga kebersihannya bisa mencegah terjadinya kecelakaan yang tidak diinginkan di toilet.