Lipstik Palsu Beredar Luas, Bahaya Mengintai Kesehatan Kita

Digunakan hampir setiap hari, lipstik sudah menjadi sababat setia yang tidak bisa dilepaskan dari kaum hawa. Selain digunakan untuk mempercantik diri, penggunaan lipstik juga berpengaruh terhadap kepercayaan diri seseorang. Tidak heran jika lipstik ini menjadi item wajib yang harus ada dalam pouch make up Kamu.

Tapi Kamu juga perlu berhati hati dalam penggunaannya. Akhir-akhir ini banyak lipstik palsu dan juga lipstik bermerk abal-abal yang tidak memiliki izin dari BPOM. Tentu saja hal ini membuat para wanita menjadi resah. Apalagi terhadap dampak yang bisa ditimbulkan.

Lalu, apa saja bahaya lipstik palsu terhadap kesehatan bibir Kita? Untuk mengetahui lebih lanjut, simak ulasan di bawah ini, yuk!

1. Menimbulkan Reaksi Alergi 
Lipstik palsu yang beredar banyak menggunakan bahan kimian dan bahan berbahaya lainnya sebagai campurannya. Tapi tidak semua bahan ini bisa diterima oleh tubuh seseorang. Alhasil, tubuh mengidentifikasinya sebagai benda asing berbahaya.

Hal inilah yang kemudian memunculkan reaksi alergi terutama di bagian bibir. Biasanya ditandai dengan bibir pecah-pecah dan juga rasa gatal di sekitar bibir.

2. Menghitamkan Warna Bibir 
Warna bibir yang gelap tentu bukan menjadi keinginan dari setiap wanita. Apalagi karena bibir yang gelap sangat sulit untuk di cover menggunakan warna lipstik.

Selain itu, bibir dengan warna yang gelap dapat menurunkan tingkat kepercayaan diri seseorang.

Tentu hal ini sangatlah dihindari. Tapi lagi-lagi penggunaan lipstik palsu dapat berakibat buruk bagi penampilan dan kesehatan bibir dengan membuat warnanya menjadi hitam. Penggelapan warna bibir ini dikarenakan oleh adanya pengendapan pigmen warna yang terjadi pada lipstik.

3. Sebabkan Kanker Kulit Bibir 
Kandungan merkuri yang tinggi pada lipstik palsu/ abal-abal sangatlah berbahaya karena dapat mengganggu kesehatan kulit bibir dengan merusaknya. Bukan hanya itu, kandungan ini juga dapat memicu terjadinya kanker kulit pada bibir jika digunakan secara terus menerus dalam jangka waktu yang cukup lama.

Setelah mengetahui dampak yang bisa ditimbulkan oleh penggunaan lipstik palsu, ada baiknya jika Kita menghindari penggunaannya. Karenanya, perhatikan dengan benar cici-ciri lipstik palsu di bawah ini.

1. Dijual dengan harga yang lebih murah dari harga aslinya. Ini patut untuk dicurigai. Karena bisa saja lipstik yang dijual merupakan barang tiruan, atau bisa jadi kadaluarsa lipstik tersebut sudah lewat.
2. Lipstik palsu dan abal-abal tidaklah memiliki sertifikasi BPOM pada kemasannya.
3. Kandungan bahan berbahaya pada lipstik palsu menyebabkan lipstik tersebut memiliki bau yang menyengat. Berbanding terbalik dengan bau yang soft pada lipstik original.
4. Selanjutnya adalah warna yang terlalu mencolok. Memang hal ini bukan menjadi sebuah patokan yang pasti, tapi perusahaan ternama sangat jarang mengeluarkan seri lipstik dengan warna yang mencolok.

Pembelian lipstik sebaiknya melalui riset dan memastikannya berkali-kali agar dampak buruk yang bisa ditimbulkan bagi kesehatan bisa diminimalisir.