Alami Kulit Terbakar Saat Berlibur, Ini Dia Cara Alami untuk Mengatasinya

Berlibur menjadi rutinitas yang menyenangkan bagi sebagian orang. Terlebih lagi jika saat berlibur tersebut digunakan untuk mengunjungi wisata yang banyak diminati oleh orang lain. Salah satunya adalah pantai dan juga wisata alam.

Meskipun menyenangkan untuk dilakukan, mengunjungi pantai dapat menyebabkan kulit menjadi terbakar akibat mendapat paparan sinar matahari yang berlebih.

Awalnya memang kulit hanya akan memberikan reaksi kemerahan, tapi lama kelamaan kulit akan terasa perih dan juga menghitam.

Oleh karena itu, hal ini harus segera ditangani agar tidak menimbulkan iritasi maupun reaksi alergi. Beberapa diantaranya bahkan bisa diatasi dengan menggunakan cara dan bahan yang alami. Tertarik untuk mengetahui lebih lanjut? Jika iya, simak ulasan di bawah ini.

Lemon 

Selain segar untuk diminum, lemon juga bisa digunakan untuk mengatasi kulit yang terbakar.

Cara penggunaannya juga sangatlah mudah untuk dilakukan. Yakni dengan memeras lemon, kemudian campurkan dengan mentimun yang sudah dihaluskan dan juga beberapa tetes air mawar. Campur ketiga bahan tersebut hingga tercampur secara merata.

Jika sudah, oleskan bahan tersebut pada kulit yang terbakar. Diamkan selama 15 menit, dan bilas dengan air bersih. Penggunaannya bisa dilakukan 2 kali dalam sehari untuk dapat mendapatkan hasil yang maksimal.

Lidah Buaya 

Sejak dulu lidah buaya sudah dikenal sebagai bahan alami yang ampuh untuk memberikan nutrisi dan juga mengatasi berbagai masalah pada kulit manusia, salah satunya yakni kulit yang terbakar.

Caranya yaitu dengan menghaluskan 1 buah lidah buaya dan campurkan dengan sedikit mentimun serta 1 sendok makan bubuk kunyit. Selanjutnya, oleskan campuran tadi ke kulit yang terbakar, diamkan beberapa saat. Dan bilas dengan air bersih.

Gunakan campuran tadi secara rutin sekali sehari dan dalam beberapa minggu, Anda akan melihat hasil yang berbeda pada kulit Anda.

Saat ini, juga sudah banyak beredar ramuan kosmetik yang berbahan dasar lidah buaya. Jika tidak ingin repot, Anda juga bisa menggunakan lidah buaya kemasan tersebut sebagai alternatifnya.

Namun, yang perlu diperhatikan adalah produk lidah buaya yang banyak beredar tidaklah 100% mengandung lidah buaya. Melainkan juga terdapat campuran lain di dalamnya. Salah satunya adalah alkohol.

Jika Anda memiliki beberapa reaksi alergi terhadap beberapa bahan kimia, Anda bisa meracik ramuan Anda sendiri ataupun memilih dengan selektif produk lidah buaya dengan bahan yang aman dan cocok dengan kulit Anda.

Madu

Madu juga bisa menjadi alternatif lain yang bisa dicoba untuk mengatasi kulit yang terbakar. Caranya adalah dengan mencampurkan 1 sendok makan madu dan 1 buah jeruk lemon. Aplikasikan pada kulit yang terbakar selama 15 menit kemudian bilas hingga bersih. Lakukan secara rutin 2 kali dalam sehari.

Semua bahan dan cara diatas dapat memberikan hasil maksimal jika dilakukan secara rutin.

Selain mengatasinya, Anda juga bisa mencegahnya dengan cara mengenakan pakaian berlengan panjang dan mengoleskan sun block sebelum beraktivitas di luar.