Sering Dilakukan, Ternyata 4 Kebiasaan Ini Buruk Bagi Kesehatan

Kebiasaan merupakan suatu hal yang sudah dilakukan sejak lama dan berulang ulang secara konstan sehingga menyebabkan perasaan ‘ada yang kurang’ jika hal tersebut tidak dilakukan lagi.

Tapi ternyata, tidak semua kebiasaan memiliki dampak yang positif terhadap pribadi dan kesehatan seseorang. Beberapa diantaranya malah tergolong membahayakan untuk kesehatan.

Karenanya, beberapa kebiasaan yang membahayakan tersebut haruslah dihindari. Tapi apa saja kebiasaan yang membahayakan tersebut? Untuk mengetahui lebih detailnya, simak ulasan di bawah ini.

1. Terlalu Lama Menghadap ke Layar TV atau PC dan smartphone 
Menonton TV atau sekadar bermain dengan PC dan smartphone merupakan hal menyenangkan yang bisa melepas penat setelah beraktivitas di luar. Tidak heran jika karenanya, banyak orang yang menjadikan hal ini sebagai hobi, bahkan kebiasaan rutin yang harus dilakukan.

Namun, menghadap ke arah layar terlalu lama dapat memberikan dampak yang buruk bagi kesehatan seseorang. Sebut saja obesitas, risiko diabetes, atau emboli paru bisa jadi dampaknya.

Bukan hanya itu, menghadap layar terlalu lama selain bisa merusak kesehatan mata juga bisa  mengurangi fungsi kognitif pada otak. Apalagi jika tidak diimbangi dengan aktivitas fisik, dampaknya bisa menjadi semakin berbahaya bagi kesehatan seseorang.

2. Terlalu Lama Duduk 
Bagi seseorang yang bekerja di perkantoran, duduk merupakan hal yang biasa untuk dilakukan dalam waktu yang lama. Tapi duduk terlalu lama bisa memunculkan beberapa gangguan kesehatan. Salah satunya adalah penyakit kardiovaskular.

Kardiovaskular sendiri merupakan sebuah penyakit yang menyerang jantung dan juga pembuluh darah manusia. Tentu bukan menjadi kabar yang baik untuk di dengar, apalagi penyakit ini bisa memicu kematian dini akibat stroke dan penyakit pada jantung.

Untuk menghindarinya, Kamu bisa melakukan beberapa olahraga ringan atau sekadar beristirahat selama beberapa menit setiap satu jam. Hal ini bisa membuat tubuh dan pikiranmu lebih rileks dan penyakit seperti obesitas juga diabetes dapat dihindari.

3. Menahan Amarah 
Menahan amarah bisa jadi kebiasaan yang berpengaruh buruk selanjutnya. Mengapa demikian?

Seseorang yang menahan  amarahnya dan memendamnya hingga menjadi sebuah amarah yang sudah tidak terbendung lagi akan lebih rentan terkena penyakit serangan jantung.

Hal ini dikarenakan ledakan amarah yang membuat tekanan darah naik secara tiba-tiba dan signifikan sehingga membuat jantung berpacu dengan sangat keras. Yang akhirnya menyebabkan serangan jantung.

4. Terlambat Makan 
Terlambat makan menjadi kebiasaan buruk yang terakhir. Terlalu sering menunda-nunda makan bisa mengakibatkan asam lambung naik. Jika hal ini terus terjadi dan tidak ada penanganan yang tepat, Kamu bisa saja terserang penyakit maag.

Menyeramkan sekali bukan dampak dari kebiasaan di atas? Oleh karena itu, untuk tetap menjaga kesehatan tubuh Kita dari berbagai kemungkinan serangan penyakit tersebut, ada baiknya jika kebiasaan itu dihilangkan. Serta menyeimbangkan dengan aktivitas fisik dan makanan yang seimbang.