Tertarik untuk Berkunjung ke Negara Lain? Intip Tips Belajar Bahasa Asing Bagi Pemula

Bahasa menjadi sebuah alat yang bisa menyatukan seseorang dengan orang lain ataupun bangsa satu dengan bangsa lainnya. Tidak bisa dipungkiri bahwa bahasa adalah sebuah hal yang paling penting untuk digunakan.

Bahasa merupakan sesuatu yang unik. Setiap negara memiliki bahasa dan dialek yang berbeda beda sebagai identitasnya. Belakangan ini muncul tren berkunjung ke negara lain untuk mengisi waktu liburannya.

Bagaimana dengan Kamu? Tertarik untuk mengunjungi negara lain juga? Tapi masih khawatir dengan halangan bahasa? Simak tips belajar bahasa di bawah ini yuk!

1. Menonton Film 
Menonton film dapat meningkatkan kemampuan berbahasa karena secara langsung Kita akan melihat bagaimana cara seseorang dalam mengucapkan suatu kata.

Bukan hanya itu, Kita juga akan belajar bagaimana cara merangkai sebuah kalimat dalam dialog sehari hari.

Seperti yang kita ketahui, setiap bahasa memiliki struktur kalimat yang berbeda beda. Bahasa Indonesia dengan Bahasa Inggris misalnya. Jika Kita menggunakan struktur bahasa indonesia kemudian menerjemahkannya ke dalam bahasa inggris, artinya menjadi aneh dan maksudnya tidak bisa tersampaikan. Begitu pula sebaliknya.

Selain itu, dengan menonton sebuah film Kita juga bisa melihat bagaimana culture dan keadaan dari negara terkait. Bagaimana suasana yang ada dan cara seseorang menjalani hidupnya akan dipaparkan dengan jelas pada sebuah film tersebut.

Dengan begitu, Kita juga akan berlatih memahami budaya lain dan lebih membuka pikiran Kita agar tidak terpaku pada budaya sendiri dan mengabaikan yang lainnya.

2. Mendengarkan Musik 
Dengan mendengarkan musik dari bahasa asing, kita dapat melatih bagaimana telinga akan mendengar suatu kata diucapkan.

Beberapa negara memiliki cara pengucapan yang berbeda untuk suatu hal, bahkan untuk pengucapan huruf pun ada yang berbeda.

Karenanya, Kita harus melatih telinga untuk mendengar bagaimana suatu hal terdengar oleh orang lain. Dan berlatih untuk mengucapkan kata yang sama dengan pengucapan suara yang sama pula.

3. Perbanyak Praktik 
Praktik menjadi kunci utama dalam belajar bahasa asing. Hanya dengan mengetahui arti dan strukturnya tanpa mencoba menggunakannya akan menjadi hal yang sia sia.

Kamu bisa mencoba mengunduh aplikasi yang bisa menghubungkanmu dengan native speaker untuk bisa melakukan praktik komunikasi dari semua yang sudah dipelajari selama ini.

Jangan pernah khawatir akan kesalahan yang mungkin terjadi, justru seorang native akan membenarkan kesalahan tersebut sehingga kedepannya kemampuan berbahasamu akan meningkat.

Kebanyakan orang kehilangan kemampuan berbahasanya karena tidak pernah menggunakannya. Kuncinya adalah dengan melakukan komunikasi menggunakan grammar yang sudah di dapat agar kata kata tersebut tidak hilang dengan sia sia.

Dengan mengerti juga memahami bahasa asing, Kita tentu akan merasa lebih nyaman saat berkunjung ke negara tujuan. Karena seperti yang sudah diketahui, tidak semua orang di negara tersebut bisa memahami bahasa Indonesia ataupun bahasa Inggris.

Sehingga memahaminya walaupun sedikit akan lebih membantu Kita dalam berinteraksi dengan warga asli negara terkait. More www.yoedha.com