Tempat Wisata Wajib di Sulawesi Dari Bahari Hingga Dataran Tinggi

Sulawesi mempunyai keindahan alam dan juga bawah laut yang sudah dikenal sampai luar negeri. Tidak mengherankan apabila kawasan yang dijadikan destinasi wisata selalu ramai dikunjungi para wisatawan baik lokal maupun internasional.

Apabila Anda berkesempatan menghabiskan liburan di Sulawesi, berikut beberapa tempat wisata wajib untuk dikunjungi sehingga liburan akan semakin berkesan.

Destinasi Wajib saat Berlibur di Sulawesi

keindahan bawah laut Bunaken
1. Pulau Bunaken
Rasa-rasanya tidak ada yang belum pernah mendengar Pulau Bunaken dengan segala keindahanya. Salah satu destinasi di Sulawesi yang sudah mendunia ini berlokasi di Teluk Manado.

Setibanya di sana, Anda akan disuguhkan panorama pantai dengan hamparan pasir putih agak kehitaman. Penginapan yang disediakan ada yang terletak di bagian tepi pantai dan di atas bukit.

Daya tarik lain dari Pulau Bunaken adalah pemandangan bawah laut yang menakjubkan. Anda dapat menyewa peralatan menyelam lengkap atau snorkeling yang sudah disediakan.

Terumbu karang di Pulau Bunaken tergolong unik karena dindingnya menjorok ke bagian bawah. Saking jernihnya air laut Bunaken, Anda pun dapat melihat terumbu karang dan ikan-ikan cukup dari permukaan saja.

2. Danau Linow
Masih di sekitaran Kota Manado, destinasi lain yang menarik dikunjungi adalah Danau Linow. Dahulunya, danau ini terbentuk dari bekas letusan Gunung Mahawu  yang mengapit Kota Tomohon bersamaan dengan Gunung Lokon.

Saat memasuki kawasan Danau Linow, bau khas belerang yang menyerupai telur busuk akan tercium sehingga perlu mengenakan masker sebelum sampai.

Warna air yang dimiliki Danau Linow dapat berubah akibat pembiasan sinar matahari sehingga memunculkan warna hijau, biru dan kuning secara bergantian. Oleh sebab itu, tempat ini terkenal dengan sebutan danau tiga warna.

Waktu yang paling tepat untuk mengunjungi danau adalah pagi hari karena udaranya masih sejuk dan suasananya lengang.

3. Taman Nasional Tangkoko 
Sulawesi memiliki hewan endemik yang dapat Anda lihat di Taman Nasional Tangkoko. Lokasinya ada di Sulawesi Utara dan memiliki luas hingga 8.718 hektar.

Topografi Taman Nasional Tangkoko berupa dataran tinggi dan dataran rendah sehingga cocok dijadikan tempat konservasi hewan endemik Sulawesi. Tarif masuk ke dalam kawasan wisata berkisar Rp 150.000,-.

Hewan endemik yang berada di Taman Nasional Tangkoko adalah monyet hitam dan tarsius. Monyet hitam Sulawesi tergolong cukup agresif dan memiliki jambul hitam yang khas. Karena cenderung agresif, maka Anda harus berhati-hati saat mendekat.

Hewan endemik lainnya adalah tarsius yang merupakan primata paling kecil di dunia dengan ukuran 10 hingga 15 cm.

Sulawesi menawarkan beragam destinasi wisata dari mulai wisata bahari, wisata alam, hinga wisata pegunungan. Anda dapat memilih sesuai dengan selera. Taman Nasional cocok bagi Anda yang ingin lebih mengenal habitat asli hewan endemik Sulawesi.

Pulau Bunaken sangat sempurna untuk pencinta keindahan bawah laut. Sedangkan Danau Linow meyuguhkan danau alami yang berbaur aroma belerang.