3 Destinasi Wisata Alam di Jogja yang Wajib Kamu Kunjungi

Jogja dikenal sebagai tempat yang memiliki banyak spot menarik untuk menjadi destinasi wisata. Bukan hanya wisata ‘buatan’ saja, wisata alamnya yang asri pun tidak kalah menakjubkannya.

Tidak heran jika Jogja menjadi salah satu tempat dengan presentase pengunjung yang cukup tinggi jika dibandingkan dengan tempat lain di sekitarnya.

Tertarik mengunjungi Jogja dalam waktu dekat? Atau sedang merencanakan untuk berlibur di Jogja? Jika iya, simak ulasan di bawah ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai wisata alam yang wajib untuk dikunjungi saat berada di Jogja.

1. Bukit Panguk Kediwung 
Sesuai dengan namanya, bukit ini terletak di dusun Kediwung, Mangunan, Dlingo, Mangunan, Dlingo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Tempat ini banyak dikunjungi orang karena keindahannya yang seperti cerita dongeng. Negeri di atas awan.

Mengapa bisa demikian? Hal ini disebabkan karena kabut pekat yang hampir menyerupai awan. Sehingga ketika Kamu berdiri pada gardu pandang yang dibuat menjorok terhadap tebing, Kamu akan terlihat seperti sedang berdiri di atas awan.

Jam operasionalnya juga bisa dibilang sangatlah fleksibel karena buka 24 jam non stop. Dan harga tiketnya hanya 2rb/orang.

Waktu yang paling tepat untuk mengunjungi tempat ini adalah saat sunrise ataupun sunset dimana Kamu akan melihat terbit/ terbenamnya matahari pada kabut yang sangat tebal tersebut. 

2. Hutan Pinus Mangunan  
Destinasi wisata ini dijamin akan menjadi idola baru bagi para generasi millenial yang gemar foto. Tempatnya dibuat sangat menarik dengan pohon pinus yang berjajar rapi dilengkapi dengan bangku kayu yang sangat kental akan kesan back to nature. 

Bukan hanya tempatnya saja yang instagramable, tapi hutan pinus yang terletak di daerah bantul ini tidak memasang harga tiket masuknya, alias gratis. Siapa sih yang tidak tertarik dengan hal gratis? Apalagi set dari tempatnya yang instagramable bak drama korea. Wajib untuk dikunjungi, deh!

Jam operasional dari hutan pinus mangunan ini adalah setiap hari dari jam 6 pagi sampai dengan setengah 6 sore saja.

3. Air Terjun Kedung Pedut 
Suka berenang/ sekadar bermain air? Air terjun kedung pedut bisa menjadi alternatif destinasi liburanmu. Tempatnya terletak di Kulon Progo.

Selain airnya yang jernih, terdapat keunikan lain yang menjadi daya tarik dari air terjun ini. Yakni karena airnya yang memiliki 2 warna berbeda. Ketika Kita melihatnya dari atas, akan terlihat warna putih jernih. Tapi begitu sampai di bawah, warnanya akan berubah menjadi biru toska.

Kalau Kamu merasa bosan untuk berenang, Kamu bisa bersantai pada gardu pandang yang ada. Tiket masuknya juga sangatlah terjangkau, yakni hanya 3000/orang dengan jam operasionalnya yang akan buka selama 24 jam.

Kamu tidak akan merasa nyesel deh! Airnya juga sangat menyegarkan untuk dinikmati.