Manfaat Update Software untuk Perangkat

Bagi beberapa orang, mungkin akan sedikit mengganggu jika menerima notifikasi untuk update software, terlebih jika notifikasi terus muncul. Karena itu pula lebih banyak pengguna yang mengabaikannya bahkan memilih “Remind Me Later” ketimbang meng-updatenya kembali. Jika Anda adalah salah satunya, lebih baik untuk mengubah kebiasaan tersebut karena ada banyak manfaat update selain download software gratis itu sendiri.

Pengguna smartphone, PC maupun laptop sama-sama membutuhkan update sebagai pembaruan sistem. Update software yang juga biasa disebut patch merupakan perbaikan fitur guna meningkatkan fungsi pada aplikasi, atau sistem operasi di dalamnya. Selain manfaat, juga dibutuhkan tahap upgrade yang benad supaya sistem kerja lebih optimal.

Apa Manfaat Update Software untuk Perangkat?

Pada dasarnya, update software untuk perangkat berguna dalam berbagai hal. Mulai dari melindungi dari risiko keamanan karena perbaikan bug, memanjangkan umur baterai, perkenalan fitur baru hingga peningkatan kinerja demi kecepatan perangkat. Selain itu, ada juga istilah upgrade software sebagai versi paling baru dalam peningkatan kinerja meski umumnya berbayar. Setiap perangkat baik itu smartphone, PC maupun laptop sama-sama memiliki manfaat dalam update software. Berikut ini rinciannya:

Smartphone

Khusus smartphone seperti iPhone dengan update iOS 12 Apple memiliki opsi Automatic Updates pada layar Software Update. Apabila pengguna memilihnya, maka ponsel bakal menunggu sampai perangkat dalam kondisi baik. Selanjutnya secara otomatis akan update perangkat sepanjang waktu sesuai perubahan. Perlu dipahami juga kalau ponsel tak memiliki update kecuali pada kondisi baterai yang memadai maupun koneksi jaringan langsung ke WiFi.

Apabila Anda tidak ingin update secara otomatis maka periksa update dengan alur Settings-General-Software Update. Apabila versi terbaru iOS sudah tersedia maka cukup pilih download lalu install. Jika Anda tak menemulan versi terbaru ponsel ini, terdapat pesan yang bisa menginformasikan jika perangkat sudah di-update. Khusus pengguna android, Anda bisa memeriksa melalui Settings – System – Advanced – System Update. Pun jika tidak tersedia, itu berarti perangkat belum membutuhkan update terbaru.

Laptop atau PC

Untuk pengguna komputer, update software juga sama pentingnya. Dalam hal ini, macOS sudah melakukan beberapa perubahan. Anda bakal menemukan tool umum untuk update Mac dengan cara memilih pada menu bar di arah atas layar. Hingga tahap ini pengguna bisa memilih opsi Apple – About This Mac -Software Update. Jika dirasa cukup nyaman untuk menggunakan update otomatis, Anda bisa centang pilihan dengan Automatcally Keep My Mac Up to Date.

Beda halnya dengan pengguna Windows, dimana Anda bisa masuk ke menu Settings kemudian buka Start lalu pilih ikon dengan roda bergigi – update & Security lalu Windows Update. Selanjutnya, pengguna bisa memilih-milih waktu lebih spesifik kapan Windows bisa diinstall update dengan otomatis.

Pilih ‘Change Active Hours’ lalu pengguna tidak akan lagi menerima notifikasi jika perangkat tiba-tiba meminta pembaruan ketika perangkat sedang digunakan. Bagi Anda yang msnggunakan Chromebook, sistem operasi bisa memulai install update secara otomatis. Guna mengetahui update OS Chrome yang digunakan, bukalah browser lalu pilih ikon tiga titik di bagian kanan dan masuk ke Help-About Chrome OS.

Itulah berbagai manfaat serta langkah update untuk smartphone, PC dan laptop. Selain pada perangkat update setelah download software full version sangat dibutuhkan demi pembaruan sistem yang lebih baik. Pun saat dioperasikan dari siabah.me, tempat unduh berbagai macam software bisa membantu mendukung kebutuhan penggunaan dari berbagai aspek.