Fresh Graduate Harus Melakukan Hal Ini Sebelum Memasuki Dunia Kerja

Di Indonesia banyak sekali perusahaan yang bisa kamu masuki sesuai dengan bidang kamu seperti perusahaan outsourcing, perusahaan retail, BUMN dan masih banyak lagi. Hal ini tentu tergantung pada preferensi dan tujuan mereka setelah lulus kuliah. Sudah menjadi rahasia umum bahwa mencari pekerjaan di Indonesia cukup sulit, hal ini dikarenakan keahlian yang di butuhkan di perusahaan tidak di ajarkan di perkuliahan.

Hal ini menjadi salah satu hal yang menyebabkan banyak dari lulusan baru universitas kesulitan mencari pekerjaan. Untuk kamu para fresh graduate ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mengantisipasi hal tersebut dengan melakukan hal di bawah ini.

1. Mengenali Diri Sendiri

Banyak orang yang berpindah-pindah tempat kerja karena mereka belum menemukan pekerjaan dan lingkungan yang cocok untuk mereka. Mengerjakan pekerjaan yang tidak kita senangi akan membuat produktifitas kita menurun maka dari itu kamu harus mengenali diri sendiri terlebih dahulu seperti apa yang menjadi kelebihan dan kelemahan kamu, apa yang menjadi tujuan jangka panjang dan lain sebagainya. Dengan mengetahui itu semua kamu akan lebih mudah dalam mencari pekerjaan.

2. Memperkaya Diri Dengan Berbagai Macam Keahlian

Karyawan yang memiliki soft skill dan hard skill akan jauh lebih di sukai dari pada kandidat yang tidak memiliki kedua hal tersebut. Akan tetapi hal ini bukan berarti mereka menyampingkan attitude sebagai persyaratan mereka. Karakter kepribadian, track record kamu di pekerjaan sebelumnya juga merupakan pertimbangan untuk mereka. Sebenarnya kamu tidak harus memiliki banyak keahlian sekaligus, cukup satu keahlian dengan beberapa soft skill pendukung yang mana hal tersebut dibutuhkan di posisi yang kamu lamar. Beberapa keahlian yang bisa kamu asah selagi kamu mencari kerja seperti public speaking, bahasa Inggris, komunikasi yang baik dan lain sebagainya.

3. Memiliki Network

Network atau jaringan sangat penting apabila kamu ingin terjun ke dunia profesional atau menjadi pengusaha. Sebenarnya pada saat kamu kuliah waktu tersebut merupakan kesempatan yang sangat baik dalam memperbanyak kenalan dan membentuk jaringan. Kenalan yang kamu miliki nanti akan tersebar di seluruh Indonesia, perusahaan, dengan begitu kamu akan lebih mudah dalam mengakses informasi seputar dunia yang kamu ingin dalami.

4. Ketahui Posisi Dan Jenjang Karir Kamu

Setiap perusahaan memiliki posisi, divisi dan juga kesempatan karir yang berbeda-beda. Kebanyakan para lulusan baru mereka tidak mengetahui akan posisi yang ingin mereka lamar. Sebenarnya pihak recruiter akan memahami kondisi tersebut, akan tetapi apabila kamu memahami posisi dan job desk pada posisi yang ingin di lamar, tentu hal ini akan meningkatkan kemungkinan kamu untuk di terima di posisi tersebut dan akan menjadi nilai tambah apabila dibandingkan kandidat lain yang kurang memahami posisi yang mereka lamar.

Kota-kota besar seperti Jabodetabek, Bandung, Makassar dan lain sebagainya. Tidak menutup kemungkinan kamu akan melakukan perjalanan keluar kota yaitu ke beberapa kota besar di Indonesia demi mendapatkan pekerjaan. Oleh sebab itu kamu mungkin akan membutuhkan Jakarta sewa mobil untuk kamu yang ingin mencari pekerjaan di daerah Jakarta.