Berbagai Faktor yang Memengaruhi Premi Asuransi

Premi asuransi adalah sejumlah biaya yang perlu dibayarkan oleh nasabah yang sudah memiliki polis asuransi kepada perusahaan asuransi sebagai penanggung. Lalu berapa premi asuransi jiwa yang harus dibayarkan? Pertanyaan tersebut mungkin sering kali muncul saat pertama kali berencana membeli polis asuransi ini.

Nominal premi asuransi bisa Anda negosiasikan dengan agen asuransi yang menangani pembuatan polis Anda. Namun, bukan berarti agen asuransi akan langsung menerima nominal premi sesuai pengajuan Anda. Sebab, ada beberapa hal yang bisa memengaruhi penentuan nilai premi, yaitu:

Jenis Pekerjaan

Jenis pekerjaan peserta asuransi juga bisa mempengaruhi besar kecilnya premi asuransi jiwa. Mengapa demikian? Karena risiko yang dimiliki oleh setiap pekerjaan tentunya juga berbeda-beda. Misalnya pemilik polis bekerja di suatu perusahaan yang memiliki risiko kematian tinggi.

Mulai dari jenis pekerjaan sebagai nelayan, penyelam, penerbang, dan masih banyak lagi. Semakin tinggi risiko yang akan didapatkan oleh peserta, maka semakin mahal premi asuransi jiwa yang harus dibayarkan oleh pihak Tertanggung.

Usia Peserta Asuransi

Semakin muda usia dari pemilik polis, maka akan semakin mudah proses pengajuan serta premi yang perlu dibayarkan. Hal ini berkaitan dengan risiko terkena penyakit serta kematian yang dianggap lebih kecil dibandingkan Tertanggung yang sudah berusia tua.

Inilah salah satu alasan mengapa Anda disarankan untuk mengajukan atau membeli polis asuransi kesehatan sejak usia masih muda.

Riwayat Kesehatan

Dilansir dari easicircle, masalah kesehatan yang sedang diderita oleh pemilik polis penyakit yang pernah diderita bisa memengaruhi premi asuransi yang perlu dibayarkan. Jika seandainya pemilik polis asuransi pernah menderita suatu penyakit dengan risiko tinggi, maka biaya premi yang dibebankan akan mahal. Anda mungkin bisa memanipulasi data ini saat pendaftaran, tapi berhati-hatilah karena hal ini akan membuat klaim asuransi gagal cair karena adanya manipulasi data yang membuat polis langsung hangus. Jadi pastikan tidak melakukannya, ya!

Jumlah Nilai Pertanggungan

Semakin besar uang pertanggungan yang ingin Anda dapatkan, maka akan semakin mahal premi asuransi jiwa yang harus dibayarkan. Oleh sebab itu, Anda perlu mengetahui kebutuhan, manfaat serta kepentingan asuransi jiwa diri sendiri dan juga keluarga. Jangan terlalu berpikir ingin mendapatkan uang pertanggungan besar tanpa memikirkan kemampuan pembayaran preminya.

Gaya Hidup

Pemegang polis yang memiliki kebiasaan sebagai perokok aktif atau berat badan berlebih, akan mendapatkan harga premi lebih tinggi. Pihak asuransi menganggap bahwa risiko terkena penyakit dan kematian yang akan dialami oleh pemegang polis bisa lebih tinggi.

Melindungi diri sendiri dan keluarga dengan menggunakan asuransi jiwa adalah pilihan yang tepat. Tidak ada yang tahu musibah apa yang akan dialami setiap orang kedepannya, dengan mengikuti program asuransi setidaknya kehidupan Anda dan keluarga masih bisa terjamin saat musibah terjadi dan menyebabkan Anda tidak lagi bisa memenuhi kebutuhan keluarga.