3 Contoh E-commerce yang Berkembang di Indonesia

Majunya teknologi informasi banyak memengaruhi kemunculan aplikasi aplikasi penunjang kebutuhan masyarakat untuk bersosialisasi dengan orang lain tanpa harus bertemu dan bertatap muka secara langsung.

Salah satu aplikasi penunjang kebutuhan masyarakat tersebut adalah aplikasi dengan fitur e-commerce.

E-commerce merupakan aktivitas yang melibatkan kegiatan pembelian, penjualan, dan pemasaran barang dan jasa dengan memanfaatkan internet sebagai penghubungnya.

Transaksi yang ada dapat diakses melalui smartphone, komputer, atau perangkat lain yang bisa disambungkan dengan internet.

Untuk membantu Anda lebih memahami apa itu e-commerce, Kami akan memberikan beberapa contoh e-commerce yang sedang ramai dibicarakan di Indonesia.

1. Shopee 
http://www.shopee.co.id merupakan situs yang menyediakan platform online marketplace yang mempermudah transaksi antara penjual untuk menjual barang dagangannya dan pembeli untuk menemukan barang yang dibutuhkan tanpa harus keluar rumah untuk mencari barang tersebut.

Didirikan oleh Chris Feng, Shopee merupakan perusahaan e-commerce yang berada di bawah naungan perusahaan internet di Asia Tenggara, yakni SEA Group. Shopee sendiri menggunakan jenis C2C untuk e-commerce mereka. Jenis ini juga dikenal sebagai Customer to Customer.

Di Indonesia sendiri Shopee sangatlah digemari karena tampilannya yang simpel tapi menarik dan sangat mudah untuk dipelajari bagi pengguna baru.

Mereka tentulah tidak akan mengalami kesulitan untuk mengoperasikan aplikasi ini ketika pertama kali menggunakannya. Karena memang telah di desain sedemikian rupa untuk memudahkan penjual dan pembeli dalam melakukan transaksi jual beli.

Selain itu, Shopee juga menawarkan fitur live chat 24 jam yang akan lebih mempermudah lagi adanya tawar menawar antara penjual dan pembeli.

Shopee menawarkan beberapa metode pembayaran seperti m-banking, indomaret, kartu kredit, dan masih banyak lagi.

2. Lazada 
Selanjutnya adalah http://www.lazada.co.id yang juga merupakan layanan marketplace populer di Indonesia. Jumlah pengunjung situs ini juga tidak kalah banyak dari marketplace lain, yakni sebesar 21,2 juta pengunjung perbulan baik yang mengunjungi lewat aplikasi maupun website resminya.

Sama halnya seperti Shopee, Lazada juga menawarkan berbagai jenis produk mulai dari pakaian, buku, mainan anak, hingga barang elektronik.

Lazada juga menerima beberapa metode pembayaran seperti m-banking, indomaret, transfer ATM, dan masih banyak lagi.

3. Bukalapak 
http://www.bukalapak.com adalah e-commerce terpopuler lainnya yang juga berkembang di Indonesia.

Marketplace ini didirikan oleh Achmad Zaky, Nugroho Herucahyono, dan Fajrin Rasyid pada tanggal 10 Januari 2010.

Ide awal pembuatan marketplace ini sangatlah sederhana dan didirikan di rumah kos di Bandung, Jawa Barat. Meskipun demikian, Bukalapak berhasil meraih kesuksesannya dan tercatat sebagai startup unicorn yang memiliki valuasi melebihi 1 miliar dollar Amerika.

Bukalapak merupakan layanan e-commerce jenis C2C atau Customer to Customer. Marketplace ini menjual berbagai jenis barang seperti alat elektronik, pakaian, makanan dari baru ataupun preloved atau bekas.

Situs ini kian ramai dikunjungi karena berbagai promo yang ditawarkan mulai dari diskon sampai cashback yang nominalnya mencapai 100% dari harga barang itu sendiri.

Sekian informasi mengenai Contoh E-commerce yang Berkembang di Indonesia yang dapat kami sampaikan. Semoga bisa membantu Anda memahami e-commerce yang ada saat ini.